^_^

Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, jurusan Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia-A'2009-Universitas Pendidikan Indonesia.

Jumat, 26 Agustus 2011

contoh RPP -bahasa indonesia-


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : X/1
Materi Pokok                          : Menyimak berita dari televisi/radio.
Standar  kompetensi               : Mampu menyimak untuk memahami dan menanggapi berita dari
                                                  televisi atau radio.

Kompetensi Dasar                   : Membacakan dan menulis kembali berita yang sudah disimak
 dari televisi atau radio.
 Mengungkapkan hal-hal menarik tentang berita yang disimak
                                                 secara langsung atau melalui rekaman dari televisi atau radio.
Indikator                                 :1. Dapat menyimak isi berita yang di dengar dari televisi atau
radio dengan konsentrasi.
           2. Dapat mencatat isi berita yang di dengar.
           3. Dapat membacakan kembali berita yang disimak dengan
bahasa sendiri.
4. dapat menjawab dan membuat pertanyaan dari berita yang
Sudah di simak dari televisi atau radio.
Alokasi waktu                         : 2 X 45  menit




A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyimak isi berita yang di dengar dari televisi atau radio dengan konsentrasi.
2. Siswa dapat mencatat isi berita yang di dengar dari televisi atau radio.
3. Siswa dapat membacakan kembali berita yang disimak dengan bahasa sendiri.
4. Siswa dapat menjawab dan membuat pertanyaan dari berita yang sudah di simak dari  televisi atau radio.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Menyimak isi berita yang telah di simak dari televisi atau radio.

C.     METODE PEMBELAJARAN

1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan


                 








D.    SKENARIO PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan

a.       Guru menyapa siswa sambil mengkondisikan kelas dengan tegur sapa, mengabsen.
b.      motivasi
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.




2.
Kegiatan utama

a.       Guru menjelaskan tentang berita.
b.      Guru membacakan contoh berita.
c.       Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang berkaitan dengan berita yang sudah disimak (tulisan).
d.      Siswa menyampaikan secara lisan isi dari berita yang diperdengarkan.
e.       Siswa diminta untuk mencari hal yang menarik dari berita yang diperdengarkan.


3.
Penutup

a.       Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari contoh berita yang berbeda-beda.
b.      Guru meriview kembali pelajaran.
c.       Guru menutup pembalajaran.





E. MEDIA PEMBELAJARAN
a.Rekaman berita
b. Buku panduan
c. Laptop dan LCD
d. Format penilaian (untuk siswa yang berdiskusi)

F. PENILAIAN
a. Proses penilaian dan evaluasi
·         Prosedur evaluasi
i.                    Penilaian berformasi / perbuatan yang dilaksanakan pada saat dan setelah siswa melakukan kegiatan pembelajaran.
ii.                  Penilaian proyek yaitu tugas yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.
·         Jenis berita
i.                    Tertulis / tulisan
ii.                  Lisan
·         Bentuk tes
i.                    Bentuk yang tertulis / tulisan berupa soal atau pertanyaan tentang isi berita yang telah disimak.
ii.                  Bentuk tes lisan siswa membacakan kembali berita yang telah disimak.
·         Tes berformasi berupa tes kemampuan secara langsung (melihat, mendengarkan, lalu mengungkapkan kembali isi berita yang disampaikan) .


·         Tes tertulis berupa soal sebagai berikut :
i.                    Membuat kembali isi berita yang telah diperdengarkan dengan kata-kata sendiri.
ii.                  Menjawab pertanyaan mengenai isi cerita berita yang telah diperdengarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar